40 Pegulat Ramaikan Kejuaraan Sumo Internasional

    0
    388

     JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

    Kejuaraan Sumo internasional akan menampilkan 40 pegulat yang akan menjadi ajang perdana di negara ASEAN sebagai perayaan 40 tahun hubungan persahabatan antara Jepang dengan negara-negara ASEAN di Istora Senayan, Jakarta, 24-25 Agustus.

    “Nanti 40 pegulat sumo yang datang tidak hanya dari Jepang tetapi ada juga Mongolia, Estonia, Brazil, Bulgaria, sesuai urutan rangking mereka,” kata perwakilan promotor kejuaraan Sumo internasional Gotanda Denshi, Takuji Yoshida, di Jakarta, Rabu.

    Para pegulat sumo ini, lanjut Yoshida, memiliki berat badan sekitar 150 hingga 200 kg dengan tinggi badan sampai sekitar 2 meter.

    Kejuaraan ini juga menjadi yang perdana digelar di Indonesia sebagai perayaan 55 tahun hubungan diplomatik Jepang dengan Indonesia. “Kami ingin mempopulerkan sumo ke Indonesia,” tambahnya.

    Antusias penggemar Sumo ternyata cukup tinggi karena tiket yang dijual seharga Rp200 ribu hingga Rp3 juta sudah terjual habis dengan kisaran penonton 10.000 orang.

    Pegulat sumo akan bertanding hingga 3 menit di atas ring yang sempit lewat sistem gugur.

    Kejuaraan Sumo yang terselenggara berkat kerjasama dengan Departemen Luar Negeri Jepang ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara dua negara serta negara-negara ASEAN dengan menghadirkan SUMO sebagai salah satu budaya tradisional Jepang ke tengah-tengah masyarakat Indonesia.

    Sumo memang bukan seledar olahraga tetapi juga salah satu tradisi budaya asli serta kegiatan spiritual yang diadakan di Jepang dan sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. TOR-05

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here