Brasil juarai Grup C Piala Amerika

    0
    382

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Brasil berhasil menjuarai Grup C setelah menang 2-1 atas Venezuela pada laga fase grup Piala Amerika 2015 di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Cile, Senin pagi WIB.

    Kemenangan tersebut diperoleh Brasil melalui gol yang dicetak Thiago Silva pada menit 8 dan Roberto Firmino menit 51, sementara Venezuela membalas lewat penyerang pengganti Miku pada menit 84.

    Berkat hasil itu, Brasil mengakhiri fase penyisihan grup sebagai Juara Grup C dan melangkah ke babak perempat final didampingi Peru dan Kolombia yang finis di urutan ketiga dan keempat.

    Brasil unggul cepat pada menit 8 memanfaatkan situasi sepak pojok yang dilepaskan Robinho ke dalam kotak penalti dan disambut oleh Silva yang berlari menyambut bola dengan tendangan sentuhan pertama demi menaklukkan penjaga gawang Alain Baroja.

    Saat melakukan selebrasi, Silva mengarahkan telunjuknya ke arah tribun tempat Neymar, megabintang Brasil yang tak bisa tampil akibat hukuman larangan tanding.

    Selecao hampir menggandakan keunggulan mereka saat Robinho berusaha menyelesaikan umpan Dani Alves pada menit 16, sayang bola tendangannya masih melayang tipis di sudut atas gawang.

    Baroja kemudian melakukan penyelamatan gemilang pada menit 38 untuk menghentikan bola tendangan Willian.

    Meski berada di bawah tekanan, Venezuela juga sempat mengancam gawang Brasil pada menit 44, sayangnya bola tendangan silang Gabriel Cichero yang cukup tajam dan hampir menghujam ke gawang masih sedikit melampaui sasaran.

    Brasil mengawali babak kedua dengan keadaan unggul 1-0 atas Venezuela, dan tim asuhan Carlos Dunga itu tak menurunkan tensi serangan mereka.

    Hasilnya pada menit 51 Brasil sukses menggandakan keunggulan lewat gol Firmino, saat penyerang Hoffenheim itu menyelesaikan umpan silang Willian dengan sontekan jarak dekat.

    Usai tertinggal dua gol, Venezuela seolah terlecut untuk mengejar ketertinggalan sayangnya tendangan bebas Juan Arango pada menit 56 masih bisa diantisipasi Jefferson.

    Mengantisipasi kebangkitan Venezuela, Brasil memutuskan bermain lebih bertahan dengan memasukkan David Luiz menggantikan Firmino dan Diego Tardelli menggantikan Philippe Coutinho.

    Tim besutan Noel Sanvicente terus berusaha menggempur pertahanan Brasil, namun tendangan Cesar Gonzalez yang berusaha menyelesaikan umpan Alejandro Guerra masih bisa dihalau oleh Silva.

    Di sisi lain Brasil juga tetap berusaha menjauh dari kejaran Venezuela, sayangnya bola hasil tendangan akrobatik David Luiz masih bisa diamankan Baroja.

    Menit 84 Venezuela akhirnya memetik hasil dari upaya keras mereka, setelah penyerang pengganti Miku memanfaatkan bola muntah dengan tandukannya untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

    Venezuela hanya membutuhkan satu gol lagi untuk memperoleh tiket ke perempat final, sayangnya peluang terakhir mereka di pengujung laga tak mampu diselesaikan Miku sehingga kedudukan 1-2 tak berubah dan mereka harus tersingkir dari Piala Amerika 2015.

    Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi CONMEBOL.

    Brasil (4-2-3-1): Jefferson (PG); Dani Alves, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis; Fernadinho, Elias; Willian, Philippe Coutinho (Diego Tardelli), Robinho (Marquinhos); Roberto Firmino (David Luiz)
    Pelatih: Carlos Dunga

    Venezuela (4-2-3-1): Alain Baroja (PG); Roberto Rosales, Oswaldo Vizcarrondo, Andres Tunez, Gabriel Cichero; Tomas Rincon, Luis Seijas (Josef Martinez); Ronald Vargas (Cesar Gonzalez), Juan Arango, Alejandro Guerra (Miku); Salomon Rondon
    Pelatih: Noel Sanvicente. TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here