Bulutangkis Indonesia Loloskan Tujuh Wakil ke Semifinal

    0
    427

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Kontingn Indonesia meloloskan tujuh wakilnya di semifinal semua nomor yang dipertandingkan pada kejuaraan bulu tangkis SEA Games 2013 Myanmar.

    Pada pertandingan di Wunna Theikdhi Indoor Stadium, Naypyitaw, Myanmar, Kamis, wakil Indonesia yang menjadi andalan mampu lolos dengan mudah setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak perempat final.

    Atlet Indonesia yang pertama melangkah ke semifinal bulu tangkis SEA Games 2013 adalah pasangan ganda putra Rian Agung/Angga Pratama yang di babak perempat final menang WO atas pasangan Thailand, Ampunsuwan/Avihingsanon.

    Di babak semifinal yang akan digelar di Wunna Theikdi Indoor Stadium C, Jumat (13/12), pasangan Rian/Angga akan menghadapi pasangan ganda putra asal Malaysia Khim Wah Lim/Yoa Han Ow yang di perempat final mengalahkan pasangan Vietnam Minh Bao/Nguyen Khang dengan skor 2-1 (22-20, 19-21, 21-12).

    Ganda putra juga meloloskan pasangan Berry Angriawan/Suwardi Karanda ke semifinal yang selanjutnya akan berhadapan dengan pasangan Malaysia V Shem Goh/Kok Siang Teo.

    Selanjutnya, ganda putri Nitya Krishinda/Greysia Polii. Pasangan yang diharapkan meraih medali ini lolos ke semifinal setelah mengalahkan pasangan Vietnam Thu Huyen Le/Nhu Thao Pham dengan dua set langsung 21-15 dan 21-11.

    Meski lawan yang dihadapi kualitasnya masih di bawah, pemain Indonesia sempat kerepotan.

    “Kami pikir akan mudah dikalahkan, tetapi kenyataan di lapangan beda. Maka, kami dituntut tidak boleh meremehkan lawan. Kami harus tenang untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” kata Nitya Krishinda usai pertandingan.

    Di babak semifinal pasangan Nitya/Greysia akan berhadapan dengan pasangan asal Thailand, Taerattanachai Sapsiree/Supajirakul Puttita yang di babak perempatfinal mengalahkan pasangan asal Malaysia Yin Loo Lim/Meng Yean Lee dengan dua set langsung 21-13 dan 21-14.

    Dua pemain tunggal Indonesia juga melenggang ke semifinal. Dionysius Hayom Rumbaka melenggang ke semifinal dengan mudah setelah mengalahkan atlet tuan rumah Min Aung Kyi dengan dua set langsung 21-6 dan 21-8. Dan, di babak selanjutnya akan berhadapan dengan Tien Minh Nguyen dari Vietnam.

    Selain Hayom, atlet tunggal putra Indonesia yang melenggang ke semifinal adalah Wisnu Yuli Prasetyo setelah di perempat final mengalahkan atlet asal Malaysia Iskandar Zulkarnaen dengan 21-10 dan 21-15. Kondisi ini berpeluang terjadinya all Indonesia final dinomor tunggal putra.

    Bellaetrix Manuputy melaju ke semifinal setelah mengalahkan pemain Malaysia Li Lian Yang dengan dua set langsung 21-5 dan 21-12. Selanjutnya, Bellaetrix akan ditantang oleh atlet asal Thailand, Jindapol Nichaon setelah mengalahkan Thu Huyen Le dari Vietnam dengan 21-10 dan 21-10.

    Atlet Indonesia yang terakhir lolos ke semifinal adalah ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto. Andalan Indonesia lolos ke babak berikutnya setelah menang 2-1 (17-21, 21-10, 21-11) dari pasangan Malaysia Jian Guo Ong/Yin Loo Lim.

    Di semifinal, Rijal/Debby akan berhadapan dengan andalah Thailand Supajirakul/Phuangphuapet yang di perempat final mengalahkan atlet Vietnam Bao Duc Duong/Thi Hong GT dengan skor 21-14 dan 21-4.

    Pada kejuaraan olahraga terbesar di Asia Tenggara ini, kontingen bulu tangkis Indonesia ditargetkan mampu meraih tiga emas. Target yang ditetapkan oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) ini cukup beralasan karena atlet yang diturunkan memang potensial meraih medali di SEA Games 2013. TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here