Ferdinand Sinaga Jalani Operasi Lutut

    0
    678

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

    Penyerang Persisam Putra Samarinda Ferdinand Alferd Sinaga dipastikan akan absen hingga paruh musim Liga Super Indonesia yang masih menyisakan empat kali pertandingan, menyusul operasi meniskus lututnya di Rumah Sakit Omni Internasional Jakarta.

    Pada 30 Maret 2013 ini Persisam bakal menghadapi tuan rumah Persiram Raja Ampat, dan dalam Bulan April ada tiga kali pertandingan menghadapi derby Kalimantan yakni melawan Persiba Balikpapan, Barito Putra dan Mitra Kukar.

    Medis Persisam Putra Samarinda Friday Surya yang dihubungi dari Samarinda, Kamis (28/3), mengatakan, berdasarkan arahan dari tim dokter yang menangani, minimal mantan top score Liga Primer Indonesia itu butuh waktu dua bulan untuk terapi pemulihan.

    “Operasinya sudah dilakukan tiga hari kemarin di RS Omni Internasional Jakarta, dan telah berhasil mengangkat pecahan serabut meniskus Ferdinand yang telah rusak. Memang hanya operasi kecil karena yang diangkat hanya beberapa pecahan meniskus sekitar 1 cm,” tutur Friday.

    Meski luka operasi tidak terlalu besar dan bakal cepat kering dalam beberapa hari, tak secara otomatis Ferdinand bisa melakukan gerakan kakinya dengan normal.

    Oleh sebab itu, kata friday, ada beberapa tahapan terapi yang bakal dia tempuh untuk mengembalikan lagi porsi kerja otot tulang kaki Ferdinand.

    “Target saya dalam waktu dua minggu ke depan, dia (ferdinand) bisa menekuk kakinya hingga 90 derajat, sembari terapis kebugaran untuk menjaga kerja otot-otonya yang lain,” jelas Friday.

    Friday juga tidak bisa memastikan Ferdinand Alferd Sinaga yang akrab diapnggil FAS itu bisa pulih seratus persen, karena operasi yang dilakukan hanya mengangkat pecahan serabut meniskus yang menurut analisa dokter menyebabkan nyeri di sendi lututnya.

    “Minimal kata dokter, operasi itu bisa mengurangi rasa sakit Ferdinand dengan aktivitas kerasnya ketika menjalani pertandingan sepak bola,” imbuh Friday.

    Cidera lutut yang dialami Ferdinand memmbuanya tidak bisa tampil maksimal dalam tim Persisam Putra Samarinda, karena dalam 13 kali laga yang telah dilakononi tim berjuluk “Pesut Mahakam” itu di Liga Super Indonesia musim ini, Ferdinand sudah absen di tujuh pertandingan.

    Meski demikian pemain yang punya karekter keras itu masih bisa menyumbangkan lima gol, dari enam pertandingan yang dilakoninya bersama tim Persisam Putra.

    Bahkan pada awal kompetisi, cidera yang dialami Ferdinand sempat membuat pelatih Sartono Anwar ketar-ketir sebelum dia menemukan formasi baru dengan menempatkan Kone sebagai alternatif pengganti Ferdinand di barisan depan.TOR-02

     

     

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here