Gorontalo Akan Fokus Pada Regenerasi Atlet

    0
    428

    GORONTALO-(TribunOlahraga.com)

    Kejuaraan olah raga antar satuan pendidikan tingkat SMP se gorontalo jumat (12/6) dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Provinsi Gorontalo DR.Weni Liputo di GOR Nani Wartabone, Gorontalo.

    Agenda tahunan yang digelar hingga minggu 14 juni ini merupakan kerja sama Kemenpora melalui Deputi olah raga pendidikan dengan seksi olah raga rekreasi dan pendidikan Dikbudpora Provinsi mempertandingkan 3 cabang olah raga prioritas yakni Atletik,Futsal dan Sepak Takraw.

    Weni Liputo ketika dihubungi dikantornya mengatakan target dari pada sosialisasi olah raga pendidikan yang diikuti 500 atlit SMP se-Gorontalo ini adalah memandu dan menjaring atlit-atlit muda pada tingkat pelajar SMP yang orientasinya pada regenarasi atlit.

    “kita tahu kelemahan dari pembinaan olah raga prestasi secara umum adalah karena kita tidak menyiapkan regenerasi atlit.misalnya Gorontalo dari dulu terkenal dengan sepak takraw semenjak masih bergabung dengan Sulawesi Utara,. Atlit Takraw kita beberapa kali mewakili Sulut pada ajang PON”ujar mantan ketua Persetasi Kabupaten Gorontalo ini.

    Weni menambahkan bahwa regenerasi atlit harus dijalankan secara kontinyu dan salah satunya dengan diadakannya kejuaraan antar satuan pendidikan tingkat SMP ini.

    ”Ada atlit yang sudah memasuki usia puncak dalam berprestasi maka lapis kedua ketiga harus disiapkan secara dini, nah kejuaraan antar satuan pelajar tingkat SMP ini salah satu wujud nyata persiapan regenerasi atlit”,tambahnya.

    Weni Liputo juga menjelaskan bahwa kejuaraan ini hanya diambil dari tingkat SMP karena dari sejak SMP potensi atlit itu sudah mulai kelihatan dan kemana target prestasi maksimal atlit tersebut sudah bisa diarahkan.

    “Atlit-atlit potensial yang terjaring dalam kejuaraan ini nantinya akan digabung dengan atlit hasil O2SN dan diproyeksikan untuk POPNAS 2017 dan PON 2020.khusus untuk PON 2016 Jabar,kita masih mengandalkan atlit yang berlaga diPON 2012 lalu”lanjut Weni.

    Disinggung mengenai atlit Ski Air Gorontalo Ummu Toibatus Sholehah yang akan pindah ke DKI, Weni menjawab bahwa belum ada keputusan final karena hal itu harus ada persetujuan dari KONI.

    “Ummu Toibatus belum pindah ke DKI karena kita masih harus mengikuti ketentuan yang berlaku pada KONI Pusat” tutur Weni.

    Namun apabila nanti Ummu Toibatus Sholehah ternyata jadi pindah ke DKI maka Ski Air Gorontalo praktis akan mengirim atlit lapis kedua di PON Jabar nanti.TOR-07

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here