Helmy Sungkar: Pesat Perkembangan Drag Bike di Indonesia

    0
    590

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

    Promotor olahraga bermotor (otomotif) dari Trendy Promo Mandira, Helmy Sungkar mengakui bahwa perkembangan dragbike di Indonesia sekarang ini sangat pesat. Setiap penyelenggaraan dragbike baik yang dilangsungkan di Jakarta maupun di daerah-daerah selalu dibanjiri peserta dan penonton.

    Oleh karenanya, Helmy dengan bendera Trendy Promo Mandira bertekad untuk mengembangkan dragbike ini ke seluruh Indonesia.’’Ya kita selain menghibur masyarakat juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pembalap potensi di daerah, kata pria yang juga mantan pembalap ini di sela-sela berlangsungnya lomba ‘’Pertamina Enduro-KYT-R9 Day Battle Drag Bike Seri I 201 M Championship 2013 di areal parkir Timur Senayan Jakarta, Minggu, (24/3).

    Berkaitan dengan penyelenggaraan drag bike ini, Helmy juga menantang para pembalap untuk merebut posisi terhormat (juara) karena yang menjadi juara umum di “Pertamina Enduro-KYT-R9 Day Battle Drag Bike 201 M Championship 2013” akan dikirim ke i Thailand guna tampil di kejuaraan internasional tahun 2014.

    Untuk menjadi wakil Indonesia, kata ayah dua pembalap, Rifat dan Rizal Sungkar ini, salah satu syaratnya adalah pebalap harus mampu mengumpulkan poin tertinggi dari enam seri kejuaraan yang telah dijadwalkan selama 2013.

    “Ini hadiah yang kami berikan selain mobil serta empat kendaraan roda empat. Hadiah turun ke kejuaraan internasional adalah yang pertama,” kata Helmy Sungkar.

    Menurut dia, apa yang dilakukan saat ini merupakan bentuk perhatian terhadap perkembangan olahraga otomotif Indonesia dalam hal ini nomor dragbike.

    Peraih penghargaan “Lifetime Achievement Otomotif Award 2013 versi Tabloid Otomotif ini mengaku pihaknya hingga saat ini belum bisa memutuskan pebalap dari kelas mana yang akan mewakili Indonesia ini.

    “Ada 14 kelas yang dilombakan. Masing-masing kelas ada juara umumnya. Jadi yang berhak mewakili Indonesia adalah juara umum di kelas yang jumlah pesertanya terbanyak selama enam seri,” kata Helmy Sungkar menjelaskan.

    Suami mantan pereli nasional Ria Sungkar itu menambahkan, dengan sistem peserta terbanyak maka belum tentu pebalap dari kelas tertinggi atau FFA yang akan mewakili Indonesia. Bisa saja dari kelas matic, bebek ataupun sport.

    “Kalau kelas matic pesertanya paling banyak maka yang akan mewakili Indonesia adalah juara umum di nomor itu,” kata pria yang telah mengabdi pada dunia otomotif lebih dari 44 tahun ini.

    Untuk itu, kata dia, sebelum memberangkatkan pebalap ke Thailand terlebih dahulu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sponsor serta promotor. Hal ini dilakukan agar pebalap yang turun sesuai dengan kelas yang selama ini digelutinya.

    “Masa dari kelas matic disuruh di kelas sport atau bebek. Makanya disesuaikan,” papar Helmy.

    “Pertamina Enduro – KYT – R9 Day Battel Drag Bike 201 M Championship 2013” terbagi dalam enam seri. Seri pertama di areal Parkir Timur Senayan. Salah satu pemenang seri pertama ini adalah Adi Tuyul kelas bebek 4 tak Tune Up s/d 130 cc, Widy Chil kelas Sport 2 tak Tune Up s/d140 cc dan Saiful Cibef kelas Matic Tune Up s/d 155 cc.

    Selanjutnya seri dua di Cianjur Jawa Barat, 6-7 April, seri tiga di Magelang Jawa Tengah, 15-16 Juni, seri empat Surabaya, 21-22 September. seri lima Sirkuit Sentul, 2-3 November dan seri enam di Parkir Timur Senayan, 16-17 November.TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here