Italia Juara Tiga, Terima Kasih Buffon

    0
    276

    JAKARTA-(TibunOlahraga.com)

    Italia meraih perunggu Piala Konfederasi 2013 berkat aksi menawan kiper Gianluigi Buffon yang berhasil menghadang tiga tendangan penalti pemain Uruguay pada laga perebutan tempat ketiga di Arena Fonte Noza, Salvador, Brazil, Minggu malam (WIB).

    italia-juara-tigaPerebutan tempat ketiga terpaksa ditentukan melalui adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 selama dua babak ditambah dua kali 15 menit perpanjangan waktu (extra times).

    Buffon menghadang bola tendangan tiga pemain Uruguay, Diego Forlan, Martin Caceres, dan Walter Gargano, dalam drama adu penalti untuk mengantar Italia menang 3-2 dan tidak perlu menghadirkan penendang kelimanya untuk meraih tempat ketiga Piala Konfederasi 2013.

    Bermain terbuka dan menyerang, Italia unggul lebih dulu melalui gol yang diciptakan Davide Astori menit 24, sebelum Edison Cavani berhasil menyamakan kedudukan pada menit 58 babak kedua.

    Setelah lebih 12 menit kemudian peluang yang diciptakan kedua tim tidak juga membuahkan hasil, pada menit 73, Alessandro Diamanti membuat Italia kembali unggul melalui tendangan bebas.

    Tendangan “bola mati” Alessandro Diamanti melengkung melewati pagar betis Uruguay dan bersarang di pojok atas gawang Uruguay, Italia unggul 2-1.

    Namun, rupanya tempat ketiga belum menjadi hak Italia karena pada menit 78 Cavani membalas gol, juga melalui tendangan bebas. Kedudukan yang tidak berubah hingga lebih 90 menit pertandingan, memaksa kedua tim memainkan babak perpanjangan waktu.

    Selama babak perpanjangan waktu, Italia dan Uruguay masih sama kuat, dan tidak satu pun gol tercipta. Italia bahkan harus bermain dengan 10 pemain karena Riccardo Montolivo harus keluar lapangan dihadiahi kartu merah.

    Drama adu penalti pun harus digelar. Buffon ditakdirkan untuk menjadi pahlawan Italia ketika ia menghadang bola tendangan tiga pemain Uruguay dari titik putih dan membawa Gli Azzurri memenangi adu penalti 3-2 sekaligus merebut tempat ketiga Piala Konfederasi 2013.

    Italia merebut tempat ketiga mengalahkan Uruguay setelah pada semifinal menyerah dari Spanyol juga melalui adu penalti 7-6. Penendang terakhir Italia Leonardo Bonucci gagal memasukkan bola ke gawang Iker Casillas karena tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang.TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here