Karateka DKI Pesta Emas di Hari Pertama

    0
    408

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

    Tim karateka DKI tampil luar biasa pada hari pertama pertandingan cabang karate Popnas 2013 di GOR Ciracas Jakarta Timur, Jumat, (13/9).
    Tidak tanggung-tanggung, dari enam medali emas yang diprebutkan pada hari pertama itu, lima diborong karateka ibukota ini.
    Bahkan mereka nyaris sapu bersih medali emas kalau saja Fikri yang turun di nomor kata perorangan putra menang dari karateka Bali, I Putu Kertayasa.
    Medali emas pertama DKI dari cabang karate ini dipersembahkan karateka putri Ervikha Senahty yang bertanding di nomor kata perorangan putri.
    Ervikha mengungguli karateka Jatim, Yolanda dalam partai final. Medali perunggu di nomor ini direbut Shintia Dwi dari Sulsel dan Tasya Salsabila dari Jabar.
    Sukses Ervikha ini kemudian diikuti Dimas yang turun di kelas 76 kg +. Di final Dimas mengungguli karateka Jatim, Sutantyo yang merebut perak. Karateka Jateng, Cahya dan Jimmy dari Sulut harus puas dengan medali perunggu.
    Oktavian yang bertanding di kelas -76 kg juga tak mau kalah dengan dua rekannya itu. Karateka berusia 16 tahun ini merebut emas ketiga setelah di final mengalahkan karateka Sulsel, Nur Alamsyah yang akhirnya merebut perak.
    Medali perunggu di kelas ini diraih Marcelino Tubongkasi dari Sulut dan Jonny (Sumut). Di kelas ini sebetulnya karateka Sulut, Marcelino yang digadang-gadang untuk meraih emas.
    Namun Marcelino seperti menurut penuturan pelatihnya Hendrik Luntungan dicurangin oleh wasit saat berhadapan dengan karateka DKI Oktavian di semifinal.
    ”Atlet saya sudah unggul dalam perhitungan poin tetapi dicurangin pada detik-detik terakhir. Ini tidak fair, bagaimana olahraga kita mau maju kalau penilaiannya sudah tak jujur,”kata Hendrik.
    Dua emas karate lainnya untuk DKI ini diperoleh dari nomor kumite perorangan putri masing-masing di kelas 59 kg+ atas nama Chyntia dan -59 kg melalui Ceyco.  Di final Chyntia mengalahkan Joshinta dari Jabar yang merebut perak. Perunggu masing-masing diraih Natalia (Bengkulu) dan Faraninta (Aceh).
    Sementara Ceyco merebut emas setelah di babak final unggul atas karateka Jatim, Meldiana. Karateka Jabar, Venit dan karateka asal Banten, Claresta merebut perunggu. Pertandingan cabang olahraga karate berlangsung hingga Minggu, (15/9) besok dan DKI masih berpeluang menambah pundi-pundi emasnya.TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here