KOI Perjuangkan Penambahan Jumlah Cabor SEA Games 2015

    0
    307

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Indonesia mendorong cabang olahraga yang dipertandingkan pada kejuaraan SEA Games 2015 di Singapura ditambah, terutama cabang olahraga yang berpotensi emas bagi kontingen Merah Putih.

    “Kami mendorong tuan rumah Singapura menambah cabang olahraga di SEA Games, yang saat ini berjumlah 30. Apalagi beberapa cabang olahraga yang belum masuk, Indonesia memiliki peluang emas di dalamnya,” ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo di Jakarta, Senin.

    Rita mengatakan, KOI akan mengusahakan enam cabang olahraga untuk dapat dipertandingkan di SEA Games 2015, yaitu panjat tebing, karate, kempo, vovinam, tarung derajat dan angkat besi.

    “Sebelumnya, kami juga mengusulkan enam cabang olahraga untuk dimasukkan, antara lain tinju, floor ball, petang, dayung, volley indoor dan equestrian. Keenam cabang olahraga tersebut akan dibahas oleh pihak tuan rumah dan Federasi SEA Games dan diputuskan 15 April,” ujar Rita.

    Rita meminta kepada para pengurus besar cabang olahraga yang bersangkutan untuk berkomunikasi dengan komite internasional dan KOI, agar tuan rumah Singapura menyetujui cabang olahraga yang bersangkutan dipertandingkan.

    “Semakin banyak yang meminta, pasti akan semakin dipertimbangkan. Saat ini ada 11 negara yang mendesak Singapura menambah cabang olahraga di Sea Games. Jadi, memang harus pro aktif,” kata Rita.

    Sementara itu, Komisi Sport for All KOI Ade lukman menambahkan, seharusnya 70 sampai 80 persen cabang olahraga pada Sea Games Singapura adalah yang biasa dipertandingkan di Olimpiade, sehingga jumlahnya masih kurang.

    “Saat inikan ada 30, kalau nanti disepakati, kemungkinan ada 37 sampai 38 cabang olahraga dengan kurang lebih ada 381 event yang emasnya akan diperebutkan,” kata Lukman.

    Berikut 30 cabang yang akan dipertandingkan di SEA Games Singapura 2015

    1. Akuatik
    2. Panahan
    3. Atletik
    4. Badminton
    5. Basket
    6. Billiard & Snooker
    7. Bowling
    8. Kano
    9. Bersepeda
    10. Anggar
    11. Sepakbola
    12. Golf
    13. Gimnastik
    14. Hoki
    15. Judo
    16. Netball
    17 Silat
    18. Rugby 7s
    19. Berlayar
    20. Sepak Takraw
    21. Menembak
    22. Softball
    23. Squash
    24. Tenis Meja
    25. Taekwondo
    26. Tenis
    27. Perahu Naga
    28. Triathlon
    29. Wakeboard & Waterski
    30. Wushu.TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here