Kota Gorontalo Juara Umum Kejurda Pencak Silat Dewasa

    0
    537

    GORONTALO-(TribunOlahraga.com)
    Kotamadya Gorontalo keluar sebagai Juara Umum dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Dewasa III 2015 se Provinsi Gorontalo. yang berlangsung Minggu, (14/6) di Lapangan Tenis Indoor Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

    Dalam Kejurda yang ditutup oleh ketua Pengprov IPSI Provinsi Gorontalo Sarwan La Duhu, Kota Gorontalo mampu menyabet 8 medali emas,1 perak dan 1 perunggu. Disusul Kabupaten,Boalemo di peringkat II dengan 1 emas, 4 perak, 2 perunggu.

    Sedangan di posisi III ditempati Kabupaten Bonebolango dengan 1 emas,3 perak dan 3 perunggu.Kejurda yang berlangsung dua hari ini telah melahirkan atlit-atlit yang akan diandalkan Gorontalo dalam menghadapi Pra PON XIX wilayah III 2015 mendatang dimana Gorontalo akan bertindak selaku tuan rumah penyelenggaraan.

    Dalam sambutannya Sarwan La Duhu menyampaikan selamat kepada atlit-atlit yang telah meraih prestasi juara dalam kejuaraan ini dan berharap kepada para atlit yang belum meraih prestasi agar lebih meningkatkan semangat dan lebih giat lagi dalam berlatih supaya bias berprestasi pada kejuaraan-kejuaraan mendatang.

    Sarwan La Duhu juga menhimbau kepada para atlit pada semua kelas yang berhasil menjadi juara agar jangan dulu berbangga hati dan berpuas diri atas prestasi yang diraih dikejuaraan ini,tetapi para atlit harus mempersiapkan diri lagi batk fisik maupun mental untuk mengikuti Training Center (TC).

    ”Kita masih akan melakukan TC luar dan TC dalam untuk menuju persiapan Pra PON”ungkap Sarwan.

    Menurut Sarwan La Duhu,Atlit yang menjadi juara I kali ini tidak dijamin otomatis akan masuk tim Pra PON.Bisa jadi juara II atau juara III yang malah akan masuk dalam tim Pra PON nanti apabila atlit peraih juara I ini tidak mempersiapkan diri dengan baik.

    ”Bisa mungkin yang juara tidak akan jadi peserta dan juara II serta juara III yang jadi peserta. apabila para juara ini tidak mempersiapkan diri mulai dari sekarang sampai pada tahap penentuan dan penetapan atlit yang akan mengikuti Pra PON nanti,”tegas Sarwan.

    Untuk mencapai sukses sebagai penyelenggara Pra PON nanti,Sarwan mengharapkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan Pra PON di Gorontalo nanti dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.Dengan menjadi tuan rumah akan banyak membawa manfaat dan keuntungan.

    ”Multi Player Efect akan didapat dari penyelenggaraan Pra PON.Baik dari atlitnya maupun dari sisi pergerakan ekonominya serta promosi daerah akan kita dapatkan,”urai Sarwan

    Sarwan juga menambahkan bahwa proses penunjukan Gorontalo sebagai tuan rumah melewati jalan panjang dan cukup melelahkan mengingat even-event besar seperti ini membutuhkan dukungan anggaran yang tidak sedikit.

    ”Insyaallah IPSI Gorontalo telah siap untuk menjadi tuan rumah Pra PON dan Alhamdulillah Pemerintah Daerah melalui KONI Provinsi Gorontalo telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan Cabor yang ada di Provinsi Gorontalo dalam rangka menuju PON XIX diJabar nanti,”ungkap pria berjenggot dan identik dengan kopiah ini.

    Lebih jauh Sarwan menuturkan bahwa dengan menjadi tuan rumah Pra PON,tim Pencak Silat Provinsi Gorontalo mendapatkan fasilitas 2 ‘wild card’ untuk 2 kelas yang otomatis langsung bisa mengikuti PON 2016 Jabar.Sarwan juga mengakui sejak keikutsertaan provinsi Gorontalo diajang PON,belum sekalipun IPSI Gorontalo meloloskan atlitnya.Kiprah para atlit Pencak Silat

    Gorontalo hanya sampai pada arena Pra PON saja.”Nah dengan momen tuan rumah ini IPSI Gorontalo sudah pasti akan mengirim 2 wakilnya di PON Jabar nanti,tapi fasilitas 2 wild card ini bukan sesuatu yang menghibur kita.Menjadi tuan rumah adalah penyemangat dan memberi motivasi kepada atlit supaya kita bisa meloloskan atlit yang akan berlaga diPON nanti lebih dari pada Quota yang sudah ditetapkan,”harapnya.

    Mengenai ketidak ikutsertaan Kabupaten.Pohuwato pada Kejurda kali ini,Pengprov IPSI Gorontalo melalui Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Bidang Pengembangan Prestasi akan melakukan evaluasi penyebab IPSI Kabupaten.Pohuwato tidak mengirimkan wakilnya dalam Kejurda ini.

    ”Jika hal ini didisengajakan maka perlu diambil langkah-langkah untuk menertibkan ataupun menyemangatkan kembali Pengcab IPSI Kabupaten.Pohuwato,”pungkas Sarwan.TOR-07

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here