Master Supandi: Atlet Wushu Indonesia Tak Boleh Lengah

    0
    394

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Wajah sumringah dan keceriaan kini dirasakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Master Supandi Kusuma. Ketegangan yang terkesan melandanya saat menyaksikan laga Wushu SEA Games XXVII/2013 dari tribune VVIP Wunna Theikdi Indoor Stadium Nay Pyi Taw, berangsur mencair, setelah pada lomba hari kedua Minggu (8/12) anak didiknya berhasil meraih dua medali emas dan dua perunggu.

    Dua medali emas Indonesia masing-masing dipersembahkan Achmad Hulaifi (Gunshu) putra dan Lindswell dari nomor gabungan Taiji Quan/ Taiji Jian. Sedangkan dua perunggu dipesembahkan Talia Lovita Chang Quan) putri serta Niza Juwita Wazni (Nan Dao) putri.

    “Kalau ditanya perasaan saat ini, tentu saya senang dan bangga, hari ini Bendera Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang. Tapi kita tidak boleh terlalu gembira (euphoria).

    Hari ini kita bersyukur bisa meraih dua medali emas, tapi kita ingin kalau bisa besok dan lusa dapat medali emas lagi,” kata Master Supandi Kusuma saat ditemui usai upacara penghormatan pemenang bagi anak didiknya Minggu kemarin.

    “Kita berharap, torehan dua medali emas ini bukanlah puncak dari segalanya, tapi awal untuk meraih hasil lebi baik lagi,” ujarnya. Karena itu kata Master Supandi yang didampingi Tim Manajer Eisen Gauw dan Wakil Ketua II Chairul Azmi Hutasuhut serta Ngatino, seluruh atlet harus tetap konsentrasi dan menyiapkan diri lebih baik menghadapi laga-laga berikutnya hingga Selasa (10/12).

    “Hari ini kan kita baru dapat dua, maunya kita bisa dapat dua lagi sesuai target yang dibebankan. Namun, tambahnya, kalau pun nanti belum terpenuhi, kita tidak boleh menyesal, sebab itu artinya Tuhan belum mengizinkan kita menang. Kita hanya berusaha dan Tuhan yang menentukan,” jelasnya.

    Menurut Master Supandi, secara keseluruhan anak didiknya sudah tampil baik. Tapi hingga kemarin, Indonesia baru diizinkan oleh yang Kuasa mengantongi 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu. “Kalau dilihat dari penampilan para atlet, sesungguhnya kita sudah dapat lebih dari dua medali emas. Tapi kita tidak boleh putus asa, harus terus berusaha dan bekerja keras. Masih ada dua pertandingan sisa. Semoga kita bisa memanfaatkan dengan maksimal,” tambah Master Supandi lagi.

    =Pertahankan Penampilan=

    Senada dengan Master Supandi Kusuma, Tim Manajer Eisen Gauw juga berharap para atletnya bisa mempertahankan penampilan terbaik dua laga sisa pada Senin dan Selasa. “Kita bersyukur sudah mendapat dua medali emas, tapi kita berharap minimal dapat dua medali emas lagi sesuai target kita kepada KOI,” jelasnya.

    Dikatakan, tugas Wushu Indonesia merebut medali di SEA Games 2013 memang jauh lebih berat. Hal ini tidak terlepas dari strategi tuan rumah Myanmar yang menghapus beberapa nomor pertandingan baik di Taolu maupun Sanda, yang justru merupakan nomor-nomor andalan Indonesia. Namun tambahnya, ia tetap percaya dengan kemampuan anak didiknya. Dan Eisen mohon doa seluruh masyarakat di tanah air sehingga keinginan Wushu Indonesia menambah medali emas di SEA Games menjadi kenyataan. TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here