Meriah Perayaan HUT 49 FORKI

    0
    1277

    forkiTANGSEL-(TribunOlahraga.com) Luar biasa, perayaan hari ulatang tahun (HUT) Federasi Olahraga Karatedo-Indonesia FORKI ke-49 di Honbu Dojo Bumi Serpong Damain (BSD) Tangerang Selatan, Banten, Minggu, (17/3) berlangsung meriah.

    Tak hanya dihadiri ribuan  karateka dari seluruh perguruan karate di Jabodetabek, HUT FORKI yang jatuh pada tanggal 10 Maret lalu itu juga dihadiri Menpora Roy Suryo.

    Kedatangan Roy Suryo meski terlambat karena baru saja kembali dari Melbourne, Australia itu disambut hangat oleh seluruh karateka.

    Ketua Umum PB.FORKI, Hendardji Soepandji secara tegas mengatakan bahwa kedatangan Menpora Roy Suryo pada HUT FORKI ke-49 ini sungguh merupakangan kehormatan dan kebanggaan luar biasa buat insane karate di Indonesia.

    ‘’Tadi saya katakan kepada seluruh karateka dan para pembina dari berbagai perguruan bahwa, sampai jam berapa pun kami setia menunggu kedatangan pak Menpora. Ini wujud kesetiaan dan loyalitas kami kepada pemimpin,’’kata Hendardji.

    Mantan Wakil Ketua Umum KONI Pusat ini juga menilai bahwa kedatangan Menpora di HUT FORKI ke-49 ini menjadi sebuah motivasi bagi seluruh karateka Indonesia termasuk mereka yang akan mewakili bangsa dan negara di forum internasional.

    Sementara itu Menpora Roy Suryo mengatakan sangat terkejut melihat sambutan luar biasa dari para insan karateka Indonesia.

    ‘’Saya mohon maaf karena terlambat dating ke acara ini, mengingat ada acara penting yang juga membutuhkan perhatian serius yakni KLB PSSI di Hotel Borobudur. Pemerintah memang harus mengawal pelaksanaan KLB PSSI tersebut karena ini menyangkut citra bangsa,’’kata Roy Suryo.

    Roy kemudian menceritakan bahwa olahraga karate bukan sekedar olahraga beladiri juga mengajarkan jiwa kesatriaan. Ada semangat bushido yang menjadi moto dari karate.

    Hendardji juga menambahkan. PB FORKI bertekad untuk menyatukan semua perbedaan yang ada di karate Indonesia saat ini melalui perayaan HUT PB FORKI ke-49.

    “Karate mengandung nilai bushido. Semangat itu yang harus senantiasa dijaga oleh para karateka Indonesia demi mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar mantan Danpuspom ini..

    Nilai bushido dinilai penting karena Hendardji menilai kalau hal tersebut merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas karate Indonesia. Secara makro, perayaan HUT PB FORKI juga diselenggarakan demi mendukung misi karate untuk masuk ke dalam multi event terbesar di dunia tersebut. Jadi, wajar jika tema HUT Forki ke-49 pun mengangkat masalah kebersamaan karate di dunia.HENDARJI

    “Tema HUT Forki ke-49 adalah meningkatkan persahabatan menuju prestasi dunia guna mengangkat harkat martabat dan kehormatan  bangsa di forum internasional,” tambah Hendardji.

    Hendardji menegaskan, perayaan HUT FORKI kali ini juga jadi simbol persiapan karate Indonesia menyongsong SEA Games 2013 Myanmar. Dia menyatakan dengan usia Forki yang semakin bertambah, karate Indonesia diharapkan akan semakin matang dan meningkat prestasinya. Karena itu, pada SEA Games 2013 pun, Forki mencanangkan target mempertahankan gelar juara umum yang direbutnya pada perhelatan SEAG 2011 Jakarta.

    “Kado terindah untuk HUT ke-49 ini adalah menjadi juara umum di SEA Games 2013, Myanmar nanti,” tegas Hendardji.

    Sementara itu, Ketua Panitia HUT Forki ke-49 Iwan Setiawan menyatakan bahwa peringatan HUT Forki ke-49 ini diikuti sekitar 2.000 karate yang berasal dari 15 perguruan karate anggota Forki. Perguruan-perguruan karate tersebut di antaranya Inkanas, Inkai, Inkado, Gojukai, Shindoka, Wadokai, KKI, Amura,Gokasi, Pordibya, Kyokushinkai, TAKO, Lemkari, BKC, Kandaga Prana, dan Gokasi.

    Dalam perayaan HUT FORKI tahun ini diberikan sabuk kehormatan DAN VI Shindoka kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, dan Ketua Umum PB. Forki Hendardji Soepandji.  Penyematan Dan Kehormatan akan dilakukan langsung Ketua Dewan Guru PB Shindoka Sihan Masudi Tanu. Khusus untuk peserta, panitia juga menyiapkan souvenir dan door prize. TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here