Mulai 2016, Balapan GP Belanda Digelar Minggu

    0
    364

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    GP Belanda akan menghilangkan status unik mereka sebagai satu-satunya balapan yang digelar di luar hari Minggu. Sejak pertama masuk kalender Grand Prix pada 1949, balapan di Sirkuit Assen selalu digelar pada Sabtu, dengan alasan religius.

    Saat ini, GP Belanda dimulai pada Kamis dengan sesi latihan bebas pertama dan kedua untuk kelas premier. Sesi kualifikasi digelar pada Jumat, dan persaingan ditutup dengan balapan pada Sabtu.

    “Setelah mempertimbangkan semua pro dan kontra, manajemen memutuskan untuk memindahkan hari balapan dari Sabtu menjadi Minggu, mulai 2016,” demikian pernyataan dari manajemen sirkuit, Kamis (25/6/2015).

    “Balapan di Assen akan digelar pada hari Minggu terakhir pada bulan Juni. Keputusan ini akan memberi keuntungan untuk masa depan Sirkuit Assen, kelanjutan MotoGP dan balap motor di Belanda secara umum.”

    Perubahan jadwal balapan ini diharapkan memperbesar jumlah penonton yang datang ke Assen untuk menyaksikan balapan secara langsung.

    Para pebalap dari masing-masing kelas yang finis pertama pada balapan akhir pekan ini akan jadi juara terakhir GP Belanda yang masih digelar pada Sabtu.TOR-05