Mulai Panas Persaingan di IOCC 2013

    0
    366

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

    Hari ketujuh pelaksanaan Indonesia Open Chess Championships (IOCC) III/2013 yang pada Selasa, (15/10) memainkan satu babak (8) mulai menyajikan persaingan seru terutara dalam perebutan gelar juara.

    Panasnya persaingan itu sudah terlihat dengan tampilnya tiga pecatur yang membayangi secara ketat pimpinan klasemen sementara GM Aleksey Dreev.. Pecatur asal Rusia ini memimpin klasemen dengan nilai 6,5 atau hanya selisih setengah angka dengan tiga pecatur lainnya..

    Aleksey hingga babak kedelapan,  telah mengumpulkan 6.5 poin setelah dia dipaksa remis pada babak delapan oleh pecatur Argentina GM Sandro Mareco yang mengumpulkan 6 poin dari hasil remis itu, namun pecatur Argentina itu berada di posisi ketiga klasemen.

    Sementara itu unggulan pertama asal Ukraina GM Alexander Moiseenko menyodok ke urutan kedua dengan mengumpulkan 6 poin setelah dia menang pada babak delapan melawan pecatur Iran GM Ghaem Maghami Ehsan.

    Satu lagi pecatur yang menempel poin Aleksey adalah pecatur India GM Ganguly Surya Shekhar yang mengemas 6 poin setelah menang atas pecatur Venezuela GM Eduardo Iturrizaga.

    Dengan hasil itu maka pada Kejuaraan catur IOCC yang memainkan 11 babak pertandingan masih terbuka kesempatan pecatur untuk saling berebut posisi teratas dan sekaligus meraih gelar kejuaraan catur tahunan itu.

    Namun pada babak kedelapan ini, kubu Indonesia sedikit terhibur setelah beberapa hari mengalami kekalahan melawan pecatur asing.

    WGM Irene Kharisma Sukandar sukses menjungkalkan pecatur Filipina IM Emmanuel Senador sehingga dia mengumpulkan 4,5 poin.

    Begitu juga Masruri Rahman mampu menundukkan pecatur Filipina GM Richard Bitoon, dan dia mengemas 5 poin.

    Namun selain Irene dan Masruri, beberapa atlet pelatnas SEA Games 2013 Myanmar, hanya mampu bermain remis dan kalah.

    GM Susanto Megaranto terpaksa remis melawan GM Laylo Darwin dari Filipina, dan dia juga baru  mengumpulkan 5 poin. Begitu juga IM Farid Firman Syah mengemas 5 poin setelah dipaksa remis oleh pecatur Armenia GM Grigoryan Avetik.

    Sementara itu pecatur pelatnas lainnya mengalami kekalahan, GMW Medina Warda Aulia tidak mampu menandingi perlawanan IM Yap Kim Steven dari Filipina.

    WIM Chelsie Monica Sihite juga harus berlutut kepada pecatur India Pradeep Kumar R A. Begitu juga WFM Dewi AA Citra kalah dari FM Paulo Bersamina dari Filipina.

    IOCC akan menggelar dua babak pertandingan sembilan dan 10, dan tampaknya pada Rabu (16/10) itu bakal terjadi persaingan lebih ketat dan akan bisa dipastikan siapa yang menjadi juara.

    Jika pecatur Rusia Aleksey Dreev mampu memenangi dua babak menjelang akhir kejuaraan, dan Alexander Mioseenko, Sandro Mareno, dan Ganguly Surya Sekhar masing-masing mengalami kekalahan pada dua babak itu, maka dipastikan Aleksey bakal menjadi juara IOCC 2013. TOR-05

     

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here