Persiba Semakin Terbenam di Dasar Klasemen ISL

    0
    507

    BALIKPAPAN-(TribunOlahraga.com)

    Persiba Balikpapan kini berada dalam zona merah degradasi di Indonesian Super League (ISL) 2013.

    persibaBeruang Madu, dengan tabungan poin 29, harus bersaing habis-habisan dengan Persita Tanggerang yang mengantongi 30 poin, Pelita Bandung Raya 26 poin, dan Persiwa Wamena 24 poin.

    Namun Persiwa masih menyimpan satu laga karena baru melakoni 27 laga, sedangkan tiga tim lainnya sudah menjalani 28 pertandingan.

    Persiba sendiri masih memiliki 6 pertandingan yang bisa dimaksimalkan untuk keluar dari nasib mengenaskan itu.

    “Dari empat tim itu Persiba masih menyisakan empat laga kandang dan dua┬álaga tandang. Besar harapan kami untuk lolos dari degradasi,”┬ákata Sekretaris Umum Persiba Balikpapan Irfan Taufik, Rabu (10/7).

    Untuk menambah ketat pertarungan di papan bawah ini, dua pertandingan kandang Persiba adalah melawan Persita dan Pelita Bandung Raya.

    Dua lainnya justru lawan tim Bandung lainnya, yaitu Persib. Maung Bandung adalah yang menjadi tempat hijrah Asri Akbar, kiper Made Wirawan, dan striker Kenji Adachihara, pilar Persiba musim lalu.

    Beruang Madu juga harus menjamu Sriwijaya FC, tim yang bertabur bintang namun agak terlambat start di musim ini.

    Baik Persib maupun Sriwijaya tengah memburu posisi runner up di bawah Persipura Jayapura.

    Kendati demikian, bila main di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Persiba mempunyai catatan positif atas Persib maupun Sriwijaya FC.

    “Hitung-hitungan ini membuat Persiba optimistis lolos degradasi,” kata Irfan Taufik lagi.

    Dua laga away Peresiba, yaitu tandang ke Malang dan Sidoarjo dianggap cukup berat. Di Malang sudah ditunggu Arema Indonesia dan di Sidoarjo Deltras yang diperkuat striker Persiba musim lalu Aldo Baretto, Ahmad Sembiring, juga Sultan Samma.

    “Memang tidak mudah meraih poin, tapi bukan tidak mungkin. Target kita di Malang dan Sidoarjo juga tetap dapat poin,” kata Irfan Taufik.

    Musim 2012 dan musim-musim lalu, Persiba dan Persiwa merupakan dua tim yang selalu berada di papan atas klasemen ISL.

    Namun musim ini prestasi keduanya anjlok. Persiwa bahkan nyaris tidak bisa mengikuti kompetisi ISL karena krisis keuangan.

    Persiba prestasinya menurun setelah ditinggal sejumlah pilar

    utamanya. Kenji Adichihara, Made Wirawan, Asri Akbar kini memperkuat Persib. Rahmad Latief ke Mitra Kukar, Matsunaga, Aldo Bareto, Sultan Samma dan Achmad Sembiring ke Gresik United.

    Pelatih Herry Kiswanto membangun tim dari awal dengan pemain-pemain muda yang belum banyak pengalaman.

    Sebelumnya Persiba tidak berani mengontrak pemain secara jor-joran karena dalam kondisi keuangan yang tidak sehat. “Anggaran kita terbatas, tidak mungkin kita mengontrak pemain mahal,” jelas Irfan Taufik.TOR-02

     

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here