PSSI Pagari Timnas U-19 Dari Godaan Iklan

    0
    298

    SURABAYA-(TribunOlahraga.com)

    Badan Tim Nasional PSSI memagari pemain-pemain Timnas U-19 yang baru saja memenangi Piala AFF 2013 dari godaan syuting dan menjadi bintang iklan aneka produk dalam tayangan televisi.

    “Kami khawatir akan terkontaminasi dunia hiburan dan menjadi terlalu sibuk dengan agenda di luar sepak bola. Sebab itu akan merugikan pemain sendiri dan berpengaruh ke mental,” ujar Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

    Berdasarkan pengalaman dari beberapa pemain sepak bola yang mulai masuk ke dunia hiburan, dia menilai akan terganggu waktunya dan berimbas pada pengurangan kemampuan bermain bola.

    Apalagi, dalam beberapa waktu terakhir ini cukup banyak pemain sepak bola top Indonesia yang menjadi bintang iklan, hingga syuting sinetron.

    Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum PSSI tersebut juga berharap agar para pemain Timnas U-19 tidak terlalu “digoda” untuk masuk ke sebuah klub. Hal ini karena Evan Dhimas dkk akan menjalani laga penting pada babak kualifikasi AFC U-19 di Sidoarjo, Oktober mendatang.

    “Di ajang itu, kami tidak main-main dan target lolos ke Piala AFC. Apalagi dari satu grup, hanya peringkat paling atas yang secara otomatis lolos,” kata dia.

    Timnas Indonesia bakal mengarungi pertandingan tidak mudah karena satu grup dengan Korea Selatan, Laos dan Filiphina. Semua pertandingan akan digelar di Gelora Delta Sidoarjo, karena itu sebagai tuan rumah diharapkan tampil konsisten dan lolos ke fase berikutnya.

    Di ajang Kualifikasi Piala AFC nanti, Indonesia wajib keluar sebagai juara grup untuk bisa lolos langsung ke putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar 2014. Jika tidak bisa keluar sebagai yang terbaik di fase grup, Indonesia wajib masuk dengan enam negara lainnya di posisi “runner up” terbaik.

    “Semua pemain akan kembali mengikuti pelatihan nasional di Sidoarjo setelah diberikan libur tiga hari,” kata dia.

    Untuk status pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, La Nyalla mengaku PSSI masih memberikan kepercayaan terhadap pelatih asal Padang, Sumatra Barat, tersebut.

    Kemungkinan besar, lanjut dia, dari 20 pemain saat ini akan ditambah beberapa pemain lagi. Bahkan, dua pemain asal Perseru Serui, Papua, masuk dalam radar incaran dengan harapan mampu menambah daya gedor tim Garuda Jaya. TOR-05

     

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here