Renang Indonesia Targetkan 10 Emas di ISG

    0
    328

    PALEMBANG-(TribunOlahraga.com)

    Indonesia menargetkan 10 medali emas cabang renang pada Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, dengan mengandalkan sejumlah atlet nasional.

    “Pada cabang olahraga renang diperebutkan 40 medali emas oleh 18 negara, dan Indonesia sendiri selaku tuan rumah optimistis dengan raihan 10 medali emas,” kata Pelatih Tim Nasional Indonesia Albert C Sutanto seusai memimpin latihan di Arena Akuatik Kompleks Olahraga Jakabaring, Senin.

    Ia mengemukakan, Indonesia diperkuat 11 atlet putri dan 9 putra yang beberapa di antaranya andalan Indonesia dalam berbagai ajang internasional, seperti I Gede Siman Sudartawa, Triadya Fauzy, Yessy Vennisa Yosaputra, dan Monalisa Arieswaty Lorenza.

    “Harapan tentunya tertumpu pada Siman karena pada SEA Games tahun 2011 meraih empat medali emas yakni tiga emas nomor perorangan gaya punggung (nomor 50 meter,100 meter, dan 200 meter), dan satu medali emas nomor estafet 4×100 meter gaya ganti,” ujarnya.

    Namun, Indonesia juga bisa mengandalkan Triadya Fauzy yang tercatat sebagai peraih tujuh medali emas dan satu perak pada PON Riau 2012.

    “Triadya memiliki peluang, apalagi baru-baru ini meraih emas pada Kejuaraan Singapore National Age 2013 pada nomor 50 meter gaya bebas putra kelompok senior,” katanya.

    Terkait dengan negara pesaing, mantan perenang nasional ini menyatakan tidak mengetahui pasti kekuatan masing-masing negara, namun ia yakin setiap negara telah memiliki nomor-nomor andalan, seperti Indonesia yang membidik gaya punggung putra (50 meter, 100 meter, dan 200 meter, 4×100 meter estafet), gaya bebas 100 meter putra, gaya punggung 200 meter putri.

    “Secara keseluruhan saya buta kekuatan negara asal Timur Tengah, tapi jika melihat latihan pada hari ini memang terdapat atlet yang handal pada nomor tertentu,” katanya.

    Ia mengharapkan, para anak asuhnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaik pada ajang ISG ini, mengingat menjadi ajang uji coba sebelum berlaga di SEA Games Myanmar, Desember 2013.

    Renang mulai dilombakan esok Selasa dengan memperebutkan enam medali emas pada gaya ganti 400 meter (putra), gaya bebas 200 meter (putri), gaya dada 200 meter (putra), gaya kupu-kupu 100 meter (putri), gaya kupu-kupu 50 meter (putra), dan gaya ganti 4×100 meter estapet (putri). TOR-09

     

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here