Tak Ada Kemenangan Buat Manchester City

    0
    270

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Ini Camp Nou, Bung! Ujaran itu hendak menyasar kepada skuad Manchester City yang hendak menyambangi kemudian menantang Barcelona, meski tuan rumah kini sedang merasakan pahit getir gelombang kekalahan.

    Camp Nou begitu disesaki oleh oksigen perlawanan kepada siapapun tim lawan. Barcelona akan menjamu Manchester City dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang akan diadakan pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu ditayangkan SCTV.

    Baik Barcelona maupun Manchester City kini sama-sama bergulat dengan kata “perjuangan”. Skuad asuhan Gerardo Martino terus bermandikan kritik, setelah menelan dua kekalahan dalam tiga laga Primera Division terakhir.

    Memang, Neymar dan kawan-kawan telah menundukkan Manchester City 2-0 di leg pertama. Hasil ini tidak otomatis membawa sukacita sepenuhnya bagi fans setia Los Azulgrana, lantaran tim kesayangan mereka menelan tiga kekalahan dalam enam partai liga terakhir.

    Setali tiga uang, “The Citizens” sedang berkutat dengan pekerjaan rumah relatif njlimet. Pasukan asuhan pelatih Manuel Pellegrini itu harus mencetak tiga gol di kandang Barcelona, sementara para striker Manchester Biru itu tak lagi mencetak gol sejak sebulan terakhir.

    Ini mencolok, terhitung hingga akhir Januari, City sudah mengemas 115 gol di semua kompetisi. Dan trio penyerang mereka, Sergio Aguero, Edin Dzeko dan Alvaro Negredo mampu memberi gelar juara Piala Liga pertama sejak 1976 dengan mengalahkan Sunderland 3-1 di Wembley.

    Sukses serupa relatif sulit diukir kembali Aguero dan kawan-kawan, karena Camp Nou jarang sekali menerima kekalahan. Sementara, skuad Gerardo Martino siap bangkit setelah Barcelona kalah dari Valladolid di La Liga pada Sabtu (8/3).

    Barcelona bakal turun dengan kekuatan penuh dalam pertandingan ini. Penjaga gawang cadangan Jose Manuel Pinto dapat tampil kembali, meski Jonathan dos Santos dan Isaac Cuenca masih absen.

    Bek tengah City Joleon Lescott dapat bermain untuk menggantikan Martin Demichelis yang sedang terkena suspensi.

    Bek tengah Matija Nastasic bakal absen karena mengalami cedera lutut dan striker Stevan Jovetic juga absen karena didera cedera hamstring.

    Post scriptum, Pellegrini akan memberikan instruksi penting pada skuad asuhannya justru dari hotel tim, dua jam sebelum kick-off di Camp Nou.

    Pelatih asal Chile itu menerima hukuman larangan dua laga karena melancarkan protes kepada wasit Jonas Eriksson ketika City menderita kekalahan 0-2 dari Los Blaugrana pada leg pertama di Etihad Stadium pada tiga pekan lalu.

    Data dan fakta kedua tim:
    * Barcelona hanya mengalami sekali kalah dari 18 pertandingan knockout di Camp Nou di ajang Liga Champions (0-3 melawan Bayern Muenchen di semi final musim lalu).

    * Di luar 30 pertandingan kandang di babak knockout Liga Champions, Barcelona hanya kemasukan sekurangnya dua gol (0-2 melawan Real Madrid pada April 2002 dan 0-3 melawan Bayern Muenchen pada Mei 2013).

    * Hanya ada satu klub dari Inggris yang mampu menundukkan Barcelona di Camp Nou di ajang Liga Champions (dalam 17 pertandingan), Liverpool pada Februari 2007 dengan skor 2-1.

    * Dari tiga laga tandang di ajang Liga Champions yang dilakukan klub-klub Inggris di Camp Nou, dihasilkan 13 gol.

    * Manchester City tidak pernah menang dalam tiga laga terakhir Liga Champions melawan klub-klub asal Spanyol dengan raihan sekali imbang dan dua kali kalah.

    * Manchester City meraih tiga kemenangan tandang di laga Liga Campions musim ini, termasuk di dalamnya kemenangan 3-2 ketika melawan juara Eropa Bayern Muenchen.

    * Manchester City hanya menggondol sekali clean sheet dalam 13 laga di ajang Liga Champions (menang 3-0 melawan Viktoria Plzen pada September lalu).

    * Barcelona mencatatkan rekor gemilang dalam mengembangkan pola serangan ketika bertanding di kandang musim ini di Liga Champions dengan mengemas 13 gol dalam tiga laga. Barcelona meluncur sampai semi-final Liga Champions dalam enam musim terakhir.

    * Lionel Messi telah mencetak 66 gol. Capaian ini terpaut lima gol dengan rekor yang pernah dicapai Raul (71 gol) manakala turun bertanding di Liga Champions.

    * Neymar berperan krusial dalam lima gol yang dijalakan Barcelona dalam tujuh gol selama mereka mengenyam Liga Champions. Neymar menciptakan tiga gol dan dua assist.

    * Xavi telah turun sebanyak 138 pertandingan membela Barcelona di ajang Liga Champions. Capaian ini masih kurang satu laga sebagaimana diraih Ryan Giggs dengan 139 pertandingan.

    Komentar dua pelatih:

    Gerardo Martino (Barcelona):
    “Sesudah pertandingan melawan Valladolid, saya mengatakan bahwa kami membuat kekeliruan meski situasinya kini memang berbeda. Ini lantaran semua kekalahan di musim ini memang berbeda.”

    “Tidak ada alasan spesifik soal penampilan kami yang terkesan tidak konsisten. Untuk itu, kami perlu lebih meningkatkan konsistensi di musim ini untuk memperoleh hasil gemilang dengan meraih tiga gelar juara, masing-masing La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.”

    “Kami telah berbicara kepada para pemain satu persatu, meski ini laga dari kompetisi yang berbeda. Kami harus meraih hasil positif dan kami tampil baik di Manchester.”

    “Saya percaya para pemain termotivasi. Setiap musim para pemain tahu bahwa mereka harus bertanding untuk meraih memenangi trofi. Saya tidak perlu lagi memberi mereka motivasi ekstra. Kami telah banyak melakukan kesalahan ketika melawan Valladolid. Hasil itu sungguh tidak normal bagi sebuah tim.”

    “Kami harus berpikir bahwa sepuluh atau duabelas hari yang lalu, kami tampil sangat baik ketika melawan Manchester City. Saya tidak melihat sama sekali alasan bahwa kami tidak mampu meraih hasil serupa.”

    Ruben Cousillas (asisten manajer Manchester City):
    “Sulit mengatakan ketika kami telah kebobolan gol karena Barcelona tim terbaik di dunia dengan segudang pemain cemerlang. Seluruh klub pasti pernah melewati dan merasakan saat-saat sulit, meski saya tidak berpikir sama sekali baha hal itu merupakan hal yang menentukan dalam laga besok.”

    “Keputusan telah diambil oleh (Manuel) Pellegrini. Saya telah bekerjasama dengan dia selama 13 tahun dan saya tahu apa yang memang ia inginkan. Besok ia tidak akan berada di bench (karena tengah mengalami suspensi), sehingga saya dapat saja memutuskan soal penggantian pemain.”

    “Kami memang tengah dilanda frustrasi berat, karena kami ingin kembali ke Wembley dan memenangi trofi lainnya, meski Wigan cukup mengejutkan kami juga. Kami telah membuka halaman lainnya dan kami telah berpengalaman dan punya sejumlah pemain bermutu. Ini modal penting kami menghadapi pertandingan besok.”

    “Kami adalah satu-satunya tim dari Inggris yang mampu bertahan di empat kompetisi sampai Minggu. Kami masih berpeluang di tiga kompetisi dan kami akan berjuang mati-matian.”

    “Kami tidak mendengar soal bahwa Barcelona sedang dalam krisis. Mereka tim terbaik dan punya segudang pemain baik. Kami menaruh hormat atas kualitas yang mereka miliki.”

    Prakiraan susunan pemain:
    Barcelona (4-3-3):
    Valdes (penjaga gawang), Adriano, Mascherano, Bartra, Alves, Iniesta, Busquets, Xavi, Neymar, Messi, Alexis
    Pemain cadangan:
    Pinto, Adriano, Puyol, Song, Fabregas, Pedro, Tello

    Manchester City (4-4-2):
    Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Lescott, Kolarov, Nasri, Fernandinho, Toure, Silva, Aguero, Negredo
    Pemain cadangan:
    Pantilimon, Boyata, Clichy, Richards, Garcia, Navas, Dzeko

    Prediksi hasil laga (Goal.com):

    * FC Barcelona 3-1 Manchester City FC (13,71 persen)
    * FC Barcelona 2-1 Manchester City FC (13,11 persen)
    * FC Barcelona 1-3 Manchester City FC ( 8,84 %

    Head to Head
    UEFA Champions League (UCL)
    18 Feb 2014 Manchester City FC 0 – FC Barcelona 2

    Laga Persahabatan (FR)
    19 Aug 2009 FC Barcelona 0 – Manchester City FC 1

    Lima laga terakhir:

    FC Barcelona
    8 Mar 2014 Valladolid 1 – FC Barcelona 0 LIGA
    2 Mar 2014 FC Barcelona 4 – Almeria 1 LIGA
    22 Feb 2014 Real Sociedad 3 – FC Barcelona 1 LIGA
    18 Feb 2014 Manchester City FC 0 – FC Barcelona 2 UCL
    15 Feb 2014 FC Barcelona 6 – Rayo Vallecano 0 LIGA

    Manchester City FC
    9 Mar 2014 Manchester City FC 1 – Wigan Athletic 2 FA
    2 Mar 2014 Manchester City FC 3 – Sunderland 1 CCUP
    22 Feb 2014 Manchester City FC 1 – Stoke 0 EPL
    18 Feb 2014 Manchester City FC 0 – FC Barcelona 2 UCL
    15 Feb 2014 Manchester City FC 2 – Chelsea FC 0 FA

    Narasi atas prediksi:
    * Barcelona mendekati pasti bakal mengamankan keunggulan 2-0 atas Manchester City untuk dapat melaju ke babak berikutnya, meski mereka sempat menelan kekalahan 0-1 dari Valladolid pada pekan ini.

    * Bermodal sukses meraih gelar di ajang Piala FA, City bangkit untuk meraih hasil positif dengan mengalahkan Barcelona. Mereka sedang menghadapi defisit dua gol dari laga leg pertama.

    * Setelah dikalahkan Valladolid, tim tuan rumah diharapkan bangkit dengan meraih kemenangan di Camp Nou.

    Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
    Barcelona: 2
    Manchester City: 1TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here