Tanpa Terkalahkan, GM Cerdas Barus Juarai So Nice Christmas Cup V/2013

    0
    516

    Cerdas-Barus1JAKARTA-(TribunOlahraga.com) Luar biasa, itulah kalimat yang pas dialamatkan kepada pecatur kawakan, GM Cerdas Barus. Pria berdarah Batak (Sumut) itu, tampil sebagai juara Turnamen Catur So Nice Christmas Cup V/2013 tanpa pernah mengalami kekalahan.
    Dalam turnaman catur yang berlangsung dua hari (21-22 Desember) di Gedung Dikti Kemendikbud Senayan Jakarta itu, Cerdas Barus mengemas nilai 9.5.
    Sebenarnya, nilai yang dimiliki Cerdas Barus sama dengan apa yang diraih FM Maksum Firdaus, yakni 9,5 dengan memainkan 11 babak. Namun, Cerdas yang ayah enam anak ini unggul Solkov (nilai lawan yang dihadapi, red) atas Maksum. Sementara posisi ketiga ditempati Deni Sonjaya dengan 9 poin.

    Cerdas sendiri mengaku bangga karena di usianya yang sudah tidak muda lagi masih bisa juara. Apalagi dia bisa mengungguli pecatur yang usianya lebih muda.
    Sebagai juara, Cerdas mendapatkan hadiah uang pembinaan dari So Good Food senilai Rp.10 juta. ‘’Lumayan buat biaya untuk merayakan hari Natal dan Tahun Baru. Terima kasih kepada So Nice dan PB.Percasi yang telah menggelar turnamen ini,’’kata Cerdas dengan bahasa yang agak terpatah-patah karena dia mengalami gangguan dalam berkomunikasi.
    “Selamat kepada para pemenang turnamen So Nice Christmas Cup tahun ini. Yang kalah jangan berkecil hati. Ke depan mudah-mudahan kita bisa bekerja lagi dengan menggelar turnamen serupa,” ujar Purnomo Jailani, Manajer Area Promotion PT So Good Food.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum I PB Percasi GM Utut Adianto menegaskan, sebaiknya para pecatur muda harus tekun dan lebih giat berlatih. Sebab, dengan ketekunan berlatih maka keberhasilan akan datang dengan sendirinya.

    “Saya dulu sekitar 30 tahun yang lalu bersama Pak Cerdas Barus dan beberapa pecatur dari Sumatera Utara begitu giat berlatih, meski turnamen di Indonesia masih sangat jarang. Tidak seperti sekarang ini, di mana di Indonesia setiap tahunnya ada sebanyak 80 turnamen digelar. Jadi, sebenarnya makin banyak event, maka akan semakin banyak muncul bibit baru. Saya pun berharap demikian,” kata Utut ketika menutup Turnamen So Nice Christmas Cup V 2013.TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here