Timnas Indonesia Tetap Diharapkan Tampil Fight

    0
    291

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Meski peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia sudah nyaris tertutup, timnas senior Indonesia tetap diharapkan tampil fight dalam sisa laga termasuk menghadapi Irak pada Selasa, (19/11) besok di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.
    Pelatih kepala timnas Indonesia, Jacksen Tiago dalam jumpa pers resmi di Jakarta, Senin, (18/11) mengakui, anak asuhnya siap tempur melakoni laga melawan Irak ini.
    Setelah menelan kekalahan 0-1 melawan Cina pada laga di kandang lawan, kondisi Boas dkk diakui Jacksen sedang dalam pemulihan. ‘’Mudah-mudahan saat bertanding melawan Irak ini, kondisi mereka sudah pulih. Bagaimana pun juga kami ingin menunjukkan performa yang terbaik,’’kata mantan pemain sekaligus pelatih Persebaya itu.
    Menghadapi Irak, yang merupakan juara Asia 2007 itu, timnas Indonesia seperti dikatakan Jacksen tetap tampil dengan formasi terbaik. Itu artinya, pria asal Brasil ini kembali menurunkan formasi tim yang dimainkan saat tandang ke Cina.
    Jacksen tak mau peduli dengan posisi pasukannya yang hampir mustahil lolos ke Piala Asia 2015 setelah dalam empat pertandingan kualifikasi hanya raih satu poin. Satu-satunya cara lolos bagi Indonesia adalah memenangi dua pertandingan akhir di Grup C kontra Irak dan Arab Saudi.
    Itu pun tak menjamin Indonesia menjadi runner-up terbaik mengalahkan peringkat tiga di empat grup lainnya. Di antara 4 tim yang bercokol di kualifikasi Grup C Piala Asia, hanya Indonesia yang peringkat FIFA dan prestasinya paling rendah.
    Arab Saudi pernah berlaga di Piala Dunia. Irak selain juara Piala Asia 2007 juga pernah merasakan tampil di Piala Dunia. Laga Indonesia vs Irak akan dilangsungkan Selasa (19/11) pukul 20.00 malam WIB, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pada pertemuan sebelumnya, Februari silam, Irak menang tipis 1-0 atas Indonesia berkat gol Younis Mahmoud.
    Asisten pelatih timnas Irak, Kareem Salman mengakui tiim Indonesia berbeda dari pertemuan pertama lalu. Berkembang dan biasa tampil di kandang sendiri.’’ Pada pertemuan pertama, di Doha, Qatar, (Irak menjamu lawannya di Doha, Qatar), mereka sulit beradaptasi dengan suhu udara,” kata Kareem Salman..
    Namun untuk laga melawan tuan rumah Indonesia ini, Salman dipusingkan dengan kondisi fisik para pemain. Mengingat Irak baru saja melakukan perjalanan jauh hingga ke Indonesia dan habis berpeluh keringat melawan Arab Saudi, pada Jumat (15/11) lalu.
    “Waktu yang harus kami jalani sangat padat. Apalagi kami menempuh perjalanan yang cukup jauh. Fisik pemain sedikit menurun,” katanya.
    Indonesia memang berhasil menang atas Filipina dan Kyrgysztan pada laga uji coba, namun Timnas senior Indonesia harus menerima kenyataan pahit telah lima kali kalah dengan kebobolan 14 gol sepanjang tahun ini.
    Dalam kualifikasi Piala Asia 2015 ini, rekor pertandingan Indonesia, baik tandang maupun kandang, menunjukan hasil yang negatif. Satu kali main tandang, hasilnya kalah. Dua kali main kandang, hasilnya satu kali kalah dan satu kali seri.
    Lagipula situasi di kubu timnas Irak tak jauh lebih baik dibanding Indonesia. Timnas Irak sedang dalam tren permainan negatif karena menderita delapan kekalahan dalam sebelas pertandingan terakhir.
    Kekuatan Timnas Irak memang jauh berbeda dibandingkan dengan 2007 lalu. Saat ini tim asal Timur Tengah ini baru dalam tahap pembentukan generasi baru.
    Dampak dari sanksi FIFA pada 2009 lantaran campur tangan pemerintahnya, dinilai cukup berpengaruh dengan perkembangan sepakbola di Irak.
    Head To Head Indonesia vs Irak :
    06 Feb 2013, Indonesia 0 – 1 Irak
    Lima Partai Terakhir Indonesia :
    25-07-2013: Indonesia 1 – 8 Chelsea
    14-08-2013: Indonesia 2 – 0 Filipina
    15-10-2013: Indonesia 1– 1 China
    01-11-2013: Indonesia 2 – Kyrgyzstan
    15-11-2013: Indonesia 0 – 1 China
    Lima Partai Terakhir Irak :
    18-06-2013: Irak 0 – 1 Australia
    14-08-2013: Irak 0 – 6 Chili
    08-10-2013: Irak 1 – 1 Libanon
    15-10-2013: Irak 0 – 2 Arab
    16-11-2013: Irak 1 – 2 Arab
    Prakiraan Pemain
    Indonesia (4-1-4-1)
    I Made Wirawan;
    M.Roby, Igbonefo, Ruben, Kipuw ;
    Bonai;
    Jufrianto, Taufiq, Maitimo, Bustomi;
    Boaz.
    Irak (4-4-2)
    Hameed,
    Atiyah, Al Quraishi, Shakir, Rehema,
    Abdulamir, Salman, Munir, Zahra,
    Radhi, Mahmoud.TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here