Tuan Rumah PON 2020 Diputuskan Presiden

    0
    358

    pon 2020JAKARTA-(TribunOlahraga.com) Penentuan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XX pada 2020 menunggu putusan dari pihak pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga. Yang jelas, kepastian siapa yang menjadi tuan rumah definitive PON ke-20 itu akan diputuskan sebelum pergantian pemerintahan baru.

    “Dari enam kandidat PON XX, telah dipilih tiga yang selanjutnya diserahkan kepada pemerintah. Pemerintah lah yang nanti memutuskan siapa menjadi tuan rumah,” ujar Tono Suratman di Jakarta, Kamis, (13/3).

    Dari enam kandidat calon tuan rumah PON XX, diperoleh tiga provinsi dengan suara terbanyak, yaitu Papua 66 suara, Bali dan Aceh masing-masing 46 suara.

    Tono mengatakan, KONI akan mengirim surat kepada Kemenpora terkait hasil pemungutan suara pada Rapat Anggota Tahunan KONI tersebut dalam beberapa hari ke depan.

    Sementara itu, Wakil Ketua IV Bidang Humas dan Kesejahteraan Pelaku Olahraga KONI Inugroho mengatakan, provinsi yang terpilih sebagai tuan rumah perlu membuktikan komitmennya.

    “Pembangunan venue olahraga akan menggunakan dana APBD. Calon tuan rumah harus membuktikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk membangun sarana dan prasarana olahraga yang dibutuhkan hingga 2020,” ujar Inugroho.

    Komitmen tersebut, lanjut Inugroho, perlu dibuktikan dengan dimulainya pembangunan salah satu sarana olahraga, setidaknya dalam waktu satu tahun pertama, karena KONI akan melakukan peninjauan.

    Inugroho mengatakan, apabila tuan rumah yang sudah ditentukan tidak dapat melakukan pembangunan tersebut, maka kemungkinan besar akan digantikan dengan tuan rumah cadangan.

    “Kebanyakan kelemahannya di situ. Bahkan, kami berharap setahun sebelum PON digelar, venues sudah siap semua. Kami tidak ingin mengulang kesalahan PON sebelumnya,” kata Inugroho.TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here