Tumbangkan Chong Wei, Simon Juara Singapura Terbuka

    0
    398

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Tunggal putra Indonesia Simon Santoso berhasil merebut juara Singapura Terbuka Super Series 2014 setelah pada babak final di Singapura, Minggu, mengalahkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia.

    Menurut laman PBSI di Semarang, Minggu, disebutkan, Simon Santoso yang harus berjuang melalui babak kualifikasi pada kejuaraan ini memerlukan waktu 48 menit untuk menumbangkan unggulan pertama Lee Chong Wei dengan rubber game 21-15, 21-10.

    Gelar yang diraih Simon Santoso ini merupakan yang kedua pada tahun ini setelah sepekan lalu ia merebut gelar India Open Grand Prix Gold 2014. Dengan kemenangan ini berarti Simon memperkecil daftar kekalahan dari Chong Wei sehingga skor pertemuan mereka sekarang adalah 9-2 untuk tunggal putra Malaysia tersebut.

    Simon mengawali permainan dengan baik dan meraih angka pertama setelah pengembalian silang Lee Chong Wei terlalu melebar kemudian meraih angka kedua setelah smash lurusnya menghujam pertahanan Chong Wei. Simon unggul saat jeda game pertama 11-8 setelah smashnya gagal ditahan tunggal putra Malaysia itu.

    Simon akhirnya memenangkan game pertama dengan angka 21-15 dan angka terakhir didapatkan melalui dua kali pancingan dropshot dan diakhiri dengan pukulan smash.

    “Saya minta Simon bermain safe, tidak boleh terburu-buru menyerang atau memaksa cepat mendapat poin. Tempo permainan juga tidak boleh lamban dan memperbanyak variasi pukulan,” kata Hendry Saputro yang menjadi pelatih Simon sejak ia mengundurkan diri dari pelatnas.

    Seperti halnya pada game pertama, Simon meraih poin pertama terlebih dulu padagame kedua. Simon terus menjaga keunggulannya hingga poin 11-4. Ketegangan semakin meningkat ketika Lee Chong Wei semakin mendekat , namun Simon terus percaya diri dan mampu melepaskan diri dari tekanan lawan. Smash silang Simon mampu mengakhiri perlawanan Chong Wei dengan angka 21-10.

    “Saya sangat senang dan bangga karena sudah lama tidak mengalahkan Lee Ch waktong Wei. Saya berharap prestasi saya lebih stabil di waktu ke depan,” kata Simon.

    Sementara itu Lee Chong Wei mengaku cukup kaget dengan permainan yang ditampilkan Simon. “Saya cukup kaget dengan kebangkitan Simon. Ia tampil sangat percaya diri,” kata Chong Wei.

    Hasil pertandingan final Singapura Terbuka 2014:

    1. Ganda campuran
    Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia) vs Riky Widianto/Puspita Richis Dili (Indonesia) 21-16,22-20

    2. Tunggal putri
    Wang Yihan (Tiongkok) vs Li Xuerui (Tiongkok) 21-11,21-19

    3. Ganda putra
    Cai Yun/Lu Kai (Tiongkok) vs Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin (Taiwan) 21-19,21-14

    4. Ganda putri
    Bao Yixin/Tang Jinhua (Tiongkok) vs Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark) 14-21,21-19,21-15

    5. Tunggal putra
    Simon Santoso (Indonesia) vs Lee Chong Wei (Malaysia) 21-15, 21-10. TOR-02

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here