Ukraina Tutup Pintu Prancis ke Piala Dunia

    0
    338

    JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
    Prancis menghadapi prospek gagal berpartisipasi di turnamen utama untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, ketika mereka kalah 0-2 saat bertandang ke Ukraina pada pertandingan pertama playoff Piala Dunia 2014 pada Jumat (15/11) atau Sabtu WIB.

    Les Bleus, yang terakhir kali absen di turnamen utama ketika mereka gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 1994, kemasukan gol Roman Zozulia tidak lama setelah pertandingan berlangsung 60 menit, dan penalti Andriy Yarmolenko, empat hari sebelum pertandingan kedua di Stade de France, lapor Reuters.

    Pemain Prancis Laurent Koscielny dan pemain tuan rumah Oleksandr Kucher diusir keluar lapangan di masa tambahan waktu, ketika Ukraina mengambil langkah maju untuk mengamankan kesertaan mereka di Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah mencapai perempat final pada 2006.

    Prancis memiliki peluang dari upaya Samir Nasri dan mampu mengguncang tebalnya pertahanan Ukraina.

    Pelatih Timnas Prancis Didier Dechamps memilih menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Olivier Giroud memimpin di lini depan, dan Karim Benzema dibangkucadangkan.

    Tim tamu berusaha mendominasi penguasaan bola, namun Ukraina menjadi tim yang lebih berbahaya dan kiper Hugo Lloris, yang tampil 12 hari setelah menderita gegar otak, melakukan penyelamatan pertamanya dari tembakan menyilang Yarmolenko pada menit ketujuh.

    Ukraina juga nyaris mencetak gol pada menit ke-30, ketika tandukan Edmar dari umpan silang Ruslan Rotan yang melebar setelah tuan rumah memperagakan gerakan-gerakan bagusnya.

    Franck Ribery dikawal ketat saat Les Bleus gagal menciptakan peluang-peluang bersih, dan di sisi belakang titik lemah mereka adalah bek kiri, di mana bek Eric Abidal dan bek Evra kesulitan mengatasi kecepatan Yarmolenko.

    Pada menit ke-61, Zozulia mencetak gol pembuka dengan memanfaatkan sentuhan Edmar untuk membawa tuan rumah unggul.

    Empat menit berselang, Prancis nyaris menyamakan kedudukan melalui Andriy Pyatov

    Giroud, yang gagal memaksimalkan peluang-peluangnya digantikan oleh Benzema saat pertandingan tinggal menyisakan 20 menit.

    Bagaimanapun, justru Ukraina yang mampu memperbesar keunggulan, saat ia mengkonversi eksekusi penalti Yarmolenko yang didapat setelah Kocielny melanggar Zozulia di kotak terlarang.TOR-03

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here