LPDUK Gelar Menpora SIM Rancing Championship 2023

0
4

JAKARTA-(TribunOlahraga.id)

Lembaga Pengelola dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) bekerjasama dengan JMX Phantom menggelar Menpora SIM Rancing Championship 2023 Minggu (10/9/2023), di Lantai 1 Kantor LPDUK di Jalan Radio I No 13, Kramat Pela Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ajang dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini bakal diikuti oleh sembilan pembalap digital terbaik hasil kualifikasi di beberapa event sebelumnya.

“Kita ada database para pembalap terbaik dari event yang digelar sebelum Menpora SIM Rancing Championship 2023. Sembilan pembalap terbaik ini akan bersaing untuk memperebutkan dua tiket menjadi wakil Indonesia pada ajang Asia Pasific Motorsport Championship 2023 yang akan dilangsungkan di Sepang Malaysia pada 28 September sampai 1 Oktober nanti,” kata Direktur JMX Phantom, Presley Martono yang bertindak sebagai event organizer Menpora SIM Rancing Championship 2023 kepada wartawan, Jumat (8/9/2023), di sela-sela persiapan event.

Kesembilan pembalap papan atas yang dimaksud yakni Andika Rama, Fadhli Rachmat, Rialto Ristofani, Moreno Pratama, Damario Haznam, Daffa Nabiel, Ilham Shaq, Andri Abirezky dan Fladdy Malik. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada balapan aspal digital Menpora SIM Rancing Championship edisi perdana tersebut.

“Dari ajang ini kami akan jaring dua pembalap terbaik untuk menjadi wakil Indonesia ajang balapan digital tingkat Asia-Pasific di Sepang. Ada pun yang akan dinilai yaitu 60 persen peforma hasil balap dan 40 persen penilaian juri.

Artinya, juri akan melihat peforma mereka ketika balapan dan peluang meraih hasil terbaik untuk Indonesia di balapan Asia-Pasific Championship di Sepang yang akan diikuti 12 negara,” terang Presley, merupakan mantan pembalap nasional.

Para pembalap akan bersaing dengan mengunakan mobil balap GT3. “Mereka nanti bisa memilih apakan akan memakai mobil Ferrari, Loborgini, porche atau yang lain yang termasuk dalam tipe GT3,” kata Presley.

“Ajang balap ini akan seru dan menarik karena masing-masing pembalap harus membekali diri dengan keahlian mengemudi tapi juga harus pintar untuk setting mobil untuk meraih hasil terbaik mereka.

Pokoknya seru dan rasanya sagat disayangkan untuk dilewatkan menonton langsung persaingan mereka ketika balapan nanti,” tambah Presley.

Ajang balap digital Menpora SIM Rancing Championship 2023 akan dimulai dengan babak kualifikasi pukul 11.00 WIB menggunakan sirkuit Silverstone, Inggris, selama 15 menit, sebelum kemudian masuk ke babak utama menggunakan sirkuit Watkins Glenn, Amerika. Ajang ini juga bisa disaksikan secara streaming di kanal yutube LPDUK TV.

Menpora RI Dito Ariotedjo dan jajaran direncanakan menghadiri perhelatan ini sekaligus mengikuti ekshibisi.

Plt. Direktur LPDUK, Ferdinand Kamariki Tangkudung menjelaskan, selain memeriahkan Haornas 2023, Menpora SIM Rancing Championship juga menjadi langkah awal bagi LPDUK untuk menghidupkan kembali dan mengoptimalkan aset digital motorsport yang dimiliki.

Sempat terhenti akibat pandemi covid-19, LPDUK dan Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan menghidupkan lagi Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI).

Selain dengan IMI, LPDUK juga membuka diri bekerjasama dan siap bersinergi dengan semua pihak yang memerlukan layanan pengelolaan dana dan usaha keolahragaan.

“LPDUK sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora, akan berusaha keras mendorong kemajuan industri olahraga. Kita siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak agar industri dan prestasi olahraga nasional maju,” ujarnya.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here