Jakarta Half Marathon: Lomba Lari Merayakan Semangat Sukses Jakarta Untuk Indonesia

0
72

 

JAKARTA-(TribunOlahraga.id)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan bangga mengumumkan Jakarta Half Marathon pada 20 Agustus 2023. Ajang kompetisi lari massal jalan raya ini akan diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, HUT Ke-56 ASEAN, serta Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Kompetisi lari ini juga didukung oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Perkumpulan Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, dengan tujuan untuk merayakan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah konferensi ITS Asia Pacific Forum 2024.

Kompetisi lari yang dalam eksekusinya akan berorientasi pada penerapan standar ketat ini akan memberikan kesempatan kepada 10 ribu peserta untuk berpartisipasi. Kompetisi ini akan menjadikan  Plaza Tenggara Monas sebagai titik start dan finish, dengan jalur lomba yang melintasi area utama ibukota, seperti Jalan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja. Kompetisi ini terbuka bagi peserta nasional dan internasional, mulai dari kelas pelajar hingga kelas master usia 40 hingga 50 tahun ke atas.

Peserta dapat memilih untuk berlari dalam kategori Half Marathon dengan jarak 21K sebagai kategori tertinggi, serta kategori 10K dan 5K.

Selain menjadi ajang olahraga, Jakarta Half Marathon juga bertujuan untuk mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Para peserta dan pengunjung dapat berkunjung pada berbagai kegiatan menarik yang akan berpusat di Lapangan Banteng, seperti pameran produk UMKM, pertunjukan kesenian khas Betawi dan pameran kuliner Betawi yang lezat. Tidak hanya itu, para penggemar olahraga juga dapat menyaksikan talkshow olahraga yang menghadirkan pelatih lari ternama untuk berbagi inspirasi kepada para pelari dan penggemar olahraga.

Salah satu hal yang istimewa dalam kegiatan ini adalah hadirnya fitur teknologi yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pelari dan pengunjung. Dengan dukungan ITS Indonesia selaku organisasi nirlaba di bidang pengembangan teknologi transportasi, kegiatan Marathon ini juga akan memperkenalkan berbagai teknologi transportasi cerdas yang selama ini belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran “running doctors” yang akan didukung oleh para dokter pelari dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Para dokter ini akan berlari  dengan konsep “run-observe-handle”.

Dengan adanya dokter dan tim medis yang tersedia di jalur lomba dan race central, peserta dapat merasa aman dan nyaman. Selain itu, sejumlah dokter juga akan berlari dan mengobservasi peserta sepanjang rute.

Untuk meningkatkan inklusivitas dan kenyamanan bagi para pelari perempuan, kompetisi ini juga mempersembahkan “woman start zone” yang merupakan area start khusus bagi para pelari perempuan yang sebagian mungkin lebih merasa nyaman berkumpul di area start dengan sesama perempuan.

Seluruh pihak terkait telah berupaya keras untuk memastikan jalur lari aman, nyaman, dan memberikan pengalaman berlari yang menyenangkan bagi semua peserta. Lomba ini juga akan didukung oleh mitra media yang tengah dalam proses penjajakan komitmen.

Kick-off resmi Jakarta Half Marathon dilakukan oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta dalam konferensi pers pada tanggal 25 Mei 2023. “Kami percaya bahwa para pelari akan senang bergabung dan masyarakat DKI akan mendukung upaya menjadikan DKI sebagai destinasi wisata olahraga melalui lomba lari ini,” ujar Heru Budi Hartono, Pj. Gubernur DKI pada kesempatan tersebut.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan bahwa MRT Jakarta sangat mendukung pelaksanaan Jakarta Half Marathon 2023.

“Kami sangat mendukung program-program pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan yang memiliki dampak positif. Hal ini sejalan dengan visi misi MRT Jakarta sebagai operator berbasis rel untuk hadir sebagai perusahaan berkelanjutan serta ikut dalam pengembangan urban lifestyle warga DKI Jakarta dan peningkatan ekonomi di sekitar jalur MRT Jakarta.

Dalam hal ini PT MRT Jakarta (Perseroda) mendapatkan mandat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai Race Collaborator atau mitra kolaborasi penyelenggara perhelatan Jakarta Half Marathon bersama ITS Indonesia, Royalindo Expoduta dan Idearun Race Management,” ungkapnya.

“Selain itu, keistimewaan dari ajang Jakarta Half Marathon ini akan dimulai dari Monas lalu melewati area stasiun MRT hingga Gedung Asean.  Tahun ini merupakan Jakarta Half Marathon pertama, dan rencananya untuk kedepannya akan diselenggarakan sebagai program tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.” pungkasnya.

Presiden ITS Indonesia, William P. Sabandar menyampaikan bahwa ITS Indonesia siap menjadi mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta untuk mensukseskan kegiatan Jakarta Half Marathon 2023.

“ITS Indonesia adalah wadah kolaborasi antara pemerintah, bisnis, masyarakat sipil dan akademisi dalam mendukung pengembangan transportasi cerdas di Jakarta. Kami mendukung Jakarta Half Marathon dalam rangka memperkenalkan Jakarta sebagai tuan rumah ITS Asia Pacific Forum yang akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2024.

ITS Asia Pacific Forum 2024 sendiri merupakan forum transportasi internasional yang dihadiri oleh berbagai negara.” ujar William.

Pendaftaran akan dibuka pada 26 Mei 2023 pukul 16.00 WIB dan akan tersedia 78 Slot Merdeka yang dapat diakses secara gratis oleh peserta, merujuk pada usia kemerdekaan RI ke-78 tahun ini.

Posisi slot Merdeka ini akan menerapkan mekanisme “siapa cepat, dia dapat”. Jika Slot Merdeka telah terisi, sistem pendaftaran akan membuka slot Early Bird terbatas dengan diskon 20%.

Lembaga ini merupakan organisasi nirlaba yang termasuk dalam anggota ITS Asia Pacific dan ITS Global. Organisasi ini terdiri dari elemen pemerintah, industri/bisnis, akademisi dan masyarakat sipil untuk mendorong inisiatif pengembangan dan penggunaan sistem transportasi cerdas.

ITS Indonesia periode 2020 – 2023 memiliki program kerja yang terdiri dari Transformasi Digital untuk Pengembangan Transportasi, Sistem Transportasi Urban Terintegrasi, Transportasi Listrik, Smart Driving & Logistik, serta Keselamatan & Mobilitas Sehat. ITS Indonesia juga akan menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum pada tahun 2024. TOR-08

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here