Ketum PSSI Erick Thohir Telah Merugikan & Melukai Perjuangan Rakyat Palestina

0
146

Oleh:Sami Muhamad Hilabi, Ketua Pemuda Al-Irsyad DKI Jakarta

*Awal kata SAYA MENGECAM !* tindakan Ketua PSSI Erick Thohir yang mengizinkan dan menjamin keamanan timnas Israel bermain di Indonesia pada ajang FIFA World Cup U-20 pada bulan mei-juni mendatang adalah suatu bentuk penghinaan terhadap perjuangan rakyat Palestina yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa Ketua PSSI tidak memiliki kesadaran akan konflik antara Palestina dan Israel yang sedang berlangsung dan tindakan ini jelas *merugikan perjuangan rakyat Palestina* .

Seluruh presiden Indonesia dari awal sampai sekarang telah menunjukkan sikap yang jelas dalam menentang penjajahan terhadap Palestina. Namun, tindakan Ketua PSSI yang memberikan izin dan menjamin keamanan bagi timnas Israel untuk bermain di Indonesia justru memperlihatkan ketidaksensitifannya terhadap konflik tersebut.

Ketua PSSI seharusnya memiliki kesadaran akan pentingnya memperjuangkan hak-hak Palestina dan menunjukkan solidaritas dengan perjuangan rakyat Palestina.

Sebagai federasi sepak bola Indonesia, harusnya PSSI mengambil sikap tegas dan menghindari tindakan yang dapat merugikan perjuangan kemerdekaan Palestina.

Kita harus memperjuangkan perdamaian dan persahabatan antara bangsa indonesia dan palestina, dan tidak dengan mengorbankan prinsip dan kepercayaan kita.

Seperti halnya kita tidak akan mengizinkan penjajah masuk ke negeri kita, begitu pula tidak pantas bagi timnas Israel untuk bermain di Indonesia. Hal ini sama saja dengan memberikan pengakuan terhadap Israel yang selama ini tidak diakui oleh Indonesia. Ketua PSSI seharusnya lebih memprioritaskan nilai-nilai moral dan kemanusiaan daripada kepentingan komersial dan olahraga.

Oleh karena itu, saya menegaskan bahwa tindakan Ketua PSSI Erick Tohir ini tidak dapat diterima dan harus ditolak dengan tegas, karna saya rasa telah menghianati pembukaan UUD 45 *”bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa”* dan *”oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan”* .

Ketua PSSI tidak bisa lebih berwenang daripada seluruh presiden Indonesia yang telah menentang penjajahan terhadap Palestina.

Sebagai bangsa yang merdeka dan berjuang untuk kemerdekaan Palestina, kita tidak boleh mengabaikan perjuangan rakyat Palestina dengan memberikan ruang bagi timnas Israel untuk bermain di Indonesia.

Sebagai Ketua Pemuda Al-Irsyad DKI Jakarta, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam menolak kedatangan timnas Israel di Indonesia dan menunjukkan dukungan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Kita harus terus berjuang dan mengingatkan bahwa perjuangan Palestina adalah perjuangan kita semua, Saya juga menghimbau Ketua PSSI untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dan mengambil sikap tegas dalam menolak keberadaan penjajah Israel di negara indonesia ini.

Bung Karno tegas menyatakan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina maka sepanjang itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajah Israel.TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here